Gedung PG Karangsuwung yang berumur

 PG Karangsuwung
 PG Karangsuwung
NGLAYAB - Perjalanan Nglayab kali ini saya khususkan di daerah Cirebon timur, tepatnya di  Pabrik gula Karang Suwung, tepatnya di Jl. Raya Karangsuwung No. 26, Cirebon 45186 Jawa barat  adalah pabrik gula yang sudah berproduksi sejak tahun 1896.Pabrik tersebut masih kokoh berdiri di tengah tengah masyarakat Karangsuwung.

Pabrik ini  Dibangun pada era Kolonial Belanda, hingga sekarang pabrik gula Karang Suwung masih beroperasi, walaupun untuk tahun depan dihentikan operasionalnya dalam rangka efisiensi perusahaan dan kendala pasokan tebu dari petani, akan tetapi masyarakat Karangsuwung pun menolak penutupan pabrik ini.

Dari pihak Pemda pun melalui Bupati Cirebon Drs. H. Sunajaya Purwadisastra MSi akan tetap berusaha mempertahankan PG Karangsuwung agar tetap beroperasi.

Pabrik gula karang suwung juga merupakan salah satu pabrik gula tertua di Indonesia. Letaknya di desa Karang Sembung, Sindang Laut, Kabupaten Cirebon, sekitar 40 menit dari Kota Cirebon.

Ketertarikan saya dengan PG Karangsuwung itu karena bangunan pabrik yang sangat tua juga di sebleah gedung terdapat rumah rumah yang konon di huni oleh para pegawai pabrik tersebut yang memang geudng itu sudah tua terbukti di rumah itu terdapat tahun pembuatannya yaitu pada tahun 1896. 

Rumah Pegawai PG Karangsuwung
Rumah Pegawai PG Karangsuwung


Bangunan ini merupakan bangunan peninggalan sejarah belanda hendaknya di jaga dan dilestarikan agar anak cucu kita masih bisa menikmati dan menyaksikan betapa sejarah ini penting di negeri ini.
2 Komentar untuk "Gedung PG Karangsuwung yang berumur "

Kesan bangunan belandanya keliatan banget ya,....

Back To Top