Nasi Lengko Makanan Khas Warga Pantura



Nglayab - Nasi Lengko atau biasa orang pantura bilang sega lengko adalah salah satu makanan khas pantura diantaranya adalah warga Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya, makanan khas yang sederhana ini sarat akan protein dan serat dan juga rendah kalori karena bahan yang digunakan dalam racikan sega lengko adalah 100% non hewani.

Nasi lengko bisa menjadi makan khas warga pantura dikarenakan makanan ini sangat sederhana dan bisa disajikan secara cepat, sehingga sangat cocok bagi warga pantura dikarenakan mayoritas penduduk pantura mempunyai pekerjaan di bidang pertanian dan nelayan yang biasa dengan kecepatan waktu.

Nasi lengko yang disajikan dengan sederhana biasanya adalah rangkaian dari Nasi Putih yang masih panas di tambah potongan potongan tempe goring tahu goring juga irisan mentimun yang segar tidak ketinggalan touge rebus serta cacahan kucai serta bawang goreng yang jadi istimewanya Nasi lengko adalah Siraman Bumbu khas Nasi lengko adalah Bumbu Kacang serta di tambah dengan polesan kecap manis yang sedikit encer, semua bahan di atas semua bahan tadi. Setelah bahan semua tercampur paling enak Nasi lengko disantap ditemani oleh krupuk aci yang putih biasanya berbentuk kotak dan lingkaran.

Aroma Nasi Lengko pun mempunyai kekhasan karena ada kucai serta siraman bumbu kacang yang membuat Nasi lengko ini sangat nikmat dan di gandrungi oleh masyarakat Pantura, terlebih lagi di daerah Cirebon, Nasi lengko ini sudah menjadi makanan Khas Cirebon, karena Cirebon termasuk daerah Pantura.
Tag : Kuliner, Slider
4 Komentar untuk "Nasi Lengko Makanan Khas Warga Pantura"

Ngilerr.. saya sering banget trabas pantura tapi belum pernah icip-icip sego lengko.. malah tiap lewat cirebon mampir terus ke pos polisinya.haha

Mampirnya jgn ke pak polisi dung sekali kali cicipin nasi lengkonya

makan atuh kang. mampir ka cirebon cicip nasi lengkonya

Back To Top