Legenda Baridin dan Suratminah

Kisah Baridin yang Melegenda
Makam Baridin dan Suratminah

Nglayab - Kisah Baridin dan Suratminah bagi masyarakat Cirebon memang tidak asing lagi, cerita ini ketika diangkat oleh alm H. Abdul Ajid tokoh seniman Cirebon setiap pertunjukan tarling memang banyak di gandrungi oleh pecinta tarling Cirebon. bukan hanya seni pertunjukan tarling alm H. Abdul Ajid pun membuat kisah ini makin melekat di kalangan masyarakt Cirebon.

Kisah ini menceritakan seorang laki – laki yang bernama Baridin yang tergila gila dengan perempuan anak orang kaya raya nan cantik bernama Suratminah, dari latar belakang ekomoni yang berbeda tentunya terjadi konflik dimana keluarga Baridin melamar Suratminah dan pada akhirnya lamaran itu ditolak oleh Kel Suratminah yang kaya raya, setelah kejadina tersebut baridin merasa terhina dan dilecehkan dengan bantuan temannya akhirnya baridin menunaikan ilmu dengan ajian JARAN GOYANG, pengasihan untuk membuat Suratminah tergila gila oleh baridin. setelah kejadina itu Suratminah menjadi gila dan berkeinginan untuk nikah dengan Baridin.

Kisah Baridin ini benar benar terjadi bukan rekaan dalang tarling saja, menurut masyarakat Desa Jagapura Kulon Kec, Gegesik Kab. Cirebon menyakini cerita itu cerita asli di karenakan di desa itu terdapat pusara dua tokoh yaitu Baridin dan Suratminah tepatnya di Blok Baridin Rt/w 01/3.

Menurut Jadid Kuncen Makam Baridin Makam ini terletak di pelataran rumah keluarganya, ketika ditemukan bahwa itu kuburan Baridin dengan Suratminah akhirnya masyarakat sekitar membangun makan tersebut dengan bentuk yang layak dikarenakan dulunya pusaran ini tidak begitu layak seperti kuburan. 



Walaupun Pemerintah yang belum peduli dengan makam dua tokoh legendaries Cirebon ini setidaknya masyarakat perhatian dengan memperbaikinya dengan harapan setiap pengunjung bisa lebih layak dikarenakan penjiarah dating dari berbagai daerah seperti Indramayu, Sumedang, Bandung, Jakarta bahkan Lampung .

Tokoh Baridin dan Suratminah memang melegenda di masyarakat Cirebon khususnya pencinta tarling Cirebon. makanya tidak heran ketika masyarakat masih menyimpan koleksi tarling Baridin.
3 Komentar untuk "Legenda Baridin dan Suratminah "

Pernah mengunjungi kota yang satu ini, saya dulu diajak ke Grage....

di tunggu kunjungan selanjutnya ke grage kaka

Asli putra kedokan bunde. Tarling baridin sangat lah melegendaris. Semoga generasi anak muda bisa melestarikan budaya tarling cirebonan dan dermayon.... amin

Back To Top