5 minuman yang paling seger di Cirebon

5 minuman yang paling seger di Cirebon
5 minuman yang paling seger di Cirebon
Nglayab Cirebon 28-8-2017.
Cirebon merupakan daerah yang terdapat di pesisir laut jawa tepatnya di jalur pantura atau biasa kita sebut jalur pantai utara, yang menghubungkan jakarta dengan kota kota di jawa tengah dan jawa timur.
di jalur pantura inilah sebabnya kenapa Cirebon merupakan kota atau kabupaten mempunyai suhu terbilag tinggi, alias suhu cirebon terbilang panas, di karenakan cirebon kebanyakan dataran rendah.

Kota Cirebon termasuk daerah iklim tropis, Banyaknya curah hujan 1.351 mm per tahun dengan hari hujan 86 hari.artinaya hujan lebih sedikit dibandingkan cuaca panasnya.

tidaklah heran ketika cuaca panas yang lebih banyak di cirebon, maka banyak varian varian minuman pelepas dahaga yang ada di wilayah cirebon, demikian 5 minuman yang paling seger yang ada di cirebon.

1. Es Tawuran

es tawuran

Es tawuran merupakan es yang serupa dengan es campur, ntah apa yang membuat special es tawuran ini, hanya ada sedikit perbedaan yang terdapat die s tawuran, selain isian sama dengan es campur banyak terdapar jelly dan nata de coco.
Es tawuran ini bertempat di Jalan Fatahila alias jalan Plered arah sumber dekat dengan TELKOM, hanya dengan Rp. 5000,00 bisa menikmati semangkok es tawuran dengan begitu maknyusnya.


2. Es Serut mang Nani

es serut mang Nani


Mang Nani mungki salah satu penjual Es serut yang ada di wilayah Cirebon, akan tetapi kenikmatan es serut ini tidak kalah nikmatnya dengan penjual es serut yang lainnya, karena mang nani sendiri merasa kualitas yang di jual tidak pernah di rubah sedikit pun dari beliua mulai berjualan kira – kira dari Tahun 1986.
Rp. 4000,00 es serut yang didalamnya terdapat kolang kaling, tape ketan juga sisiran roti tawar menambah nikmatnya es serut yang kita nikmati di saat matahari sudah berada di ubun ubun kita.
Tepat di depan Yomart atau di depan SDN Megu dengan gerobak kecil di pojokan di situ mang nani biasa berjualannya.

3. Es Kelapa Muda Watu Belah


Watu Belah mungkin nama ini tidak asing bagi masyarakat Cirebon, yah Watu belkah adalah nama daearah dimana ketika musim Haji orang orang berbondong bonding mengantarkan tamu Allah yang akan beribadah haji sebelum berangkat ke Jakarta.
Di daerah ini banyak sekali penjual es kelapa muda, yang berjejer selain rasanya nikmat kelapa yang di jual disini biasanya kelapa yang baru di ambil dari pohonnya, tak ayal kalau rasanya pun masih manis alami dan ada rasa soda yang di timbulkan dari kelapa itu sendiri.
Es kelapa muda yang biasa di jual di wilayah Watu belah biasa di bandrol dengan harga Rp. 9000,00 akan tetapi dengan rasa kelapa yang masih seger, sebanding dengan harga segitu.

4. Es Tape Bakung.

es tape bakung

Tahu kenapa es ini sangant nikmat ketika di minum pada siang hari, ya es tape ketan yang biasa mangkal di KS tubun Cirebon atau di sebrang AtTaqwa adalah racikan es dengan tape Khas bakung, di campur gula yang dihasilkan dari fermentasi ketan dengan ragi. Es tape ini bias anda nikmati dengan uang Rp. 2000,00 rasanya maknyos dan juga bias menyejukan tenggorokan dikarenakan panasnya Cirebon.

5. Es Durian



Satu lagi minuman yang sangat di gemari masyarakat Cirebon, yah es durian, walaupun setiap daerah terdapat es seperti ini, akan tetapi es durian ini tidak kalah menariknya dengan es durian yang ada di daerah lain.
Es durian ini biasa mangkal di alun alun Kejaksan pada kisaran jam 5 sore dan pas berada di tugu masuk alun alun kejaksan Cirebon.
Yah hal yang mnenarik dari es durian ini adalah selain es di campur buah durian juga di siram dengan sirop khas Cirebon dengan nama sirop Tjampolay Baca juga tentang Sirop Tjampolay, dengan rasa yang maknyos dan guris es durina ini sangat dimnati oleh para pengunjung alun alun kejaksan Cirebon, dengan Rp. 9.000,00 anda bisa menikmati semangkok es durian ini.

Berikut 5 minuman yang paling seger yang beredar di Cirebon, semoga ulasan ini bias membantu temen temen ketika berada di Cirebon dan merasakan bagaimana panasnya Cirebon, silahkan pilih dan datangi 5 minuman yang paling seger yang berada di Cirebon.
0 Komentar untuk "5 minuman yang paling seger di Cirebon"

Back To Top