3 Hal yang Menarik Pilwu Serentak Di Kab Cirebon

Pilwu Serentak

3 Hal yang Menarik Pilwu Serentak Di Kab Cirebon

Hari ini tepatnya Hari Minggu tanggal 27 oktober 2019 masyarakat kabupaten Cirebon sedang melaksanakan hajat Besar yaitu Pilwu Serentak. Hingar Bingar Pilwu pun sudah tampak satu bulan sebelum pelaksanaannya. Tepat pada hari ini di 176 desa yang ada di kabupaten Cirebon melaksanakan Pilwu Serentak ini.
Sisi lain dari Pilwu serantak ini banyak kegiatan yang sudah melekat pada acara ini, baik yang masih dilaksanakan ataupun sudah dihilangkan.

Berikut 3 hal menarik dalam pelaksanaan Pilwu yang ada Di Kabupaten Cirebon.


1. Perang Dukun 


Dukun alias Paranormal identik dengan dan melekat pada event ini, Tidak Ayal di setiap event Pilwu dimana pun berada peran Dukun sangat dominan dalam mensukseskan acara ini di Pihak calon itu sendiri.
Maka jangan Heran ketika Pilwu Berlangsung aroma Kemeyan sangat kental, baik di kalangan rumah Calon Kuwu, di balai Desa ataupun di pecanden.
Yang paling dominan adalah ketika para dukun menjaga Kursi ketika Calon Kuwu duduk di balai desa, di situ perang Asap berlangsung, para dukun menyalahkan api dan membakar kemenyan serta menjaga kursi milik calon kuwu hingga pag hari dan selesainya acara tersebut.

2. Kursi Calon Kuwu 


Pada setiap pencalonan Kuwu sebenarnya pihak panitia menyediakan kursi untuk tempat duduk para calon itu sendiri, akan tetapi dan kenyataan dilapangan setiap calon kuwu pun membawa kursi masing masing.
Setiap calon kuwu membawa serta kursi khusus yang siap untuk di dudukinya, konon kursi ini dipersiapkan dengan berbagai macam ritual dan ajian ajian agar terhindar dari serangan serangan magic dari lawan pesaingnya.
Maka dari itu setiap kursi masing masing calon kuwu terdapat berbagai macam syarat -  syarat  yang telah ditentukan oleh para dukunnya. Ada yang berbentuk kalung melati, tanaman tebu ataupun di lapisi oleh kain (TAPI).

3. Music Dong Pung

Musik Dong Pung adalah musik yg hanya diperdengarkan pada saat pilwu berlangsung. Musik ini menjadi penggugat dan mengundang para pemilih untuk memberikan gak suaranya.
Dengan hanya dimainkan oleh dua alat akan tetapi music Dong Pung ini hanya diperdengarkan pada saat pelaksanaan Pilwu dari zaman dahulu. Akan tetapi Musik Dong Pung ini sedikit memudar dengan perkembangan zaman, sedikit desa yang masih memperdengarkan music Dong Pung ini pada saat Pilwu dilaksanakan.


Demikian 3 Hal Menarik yang konon masih dilakasnaan pada Saat pelaksanaan Pilwu Serentak di wilayah kabupaten Cirebon, mudah mudahan dengan adanya pilwu serentak, bisa menghasilkan Kuwu Kuwu yang di pilih oleh masyarakat dan menjadi pemimpin amanah, yang terpenting pelaksanaan pilwi ini tidak membuat masyarakat kabupaten Cirebon saling gontok gontokan dikarenakan beda pilihan.

diambil dari berbagai sumber
0 Komentar untuk "3 Hal yang Menarik Pilwu Serentak Di Kab Cirebon"

Back To Top