Cahkwe kue asli Tionghoa Hadir di Cirebon

Kue Cahkwe di Cirebon
Cahkwe Bang Aryo
Nglayab – Cahkwe adalah kue yang terbuat dari tepung  Terigu yang di olah dengan berbagai macam bahan – bahan yang lain,  konon makannya pun lebih nikmat kalau di cocol sama saus yang seperangkat ketikan kita membeli cakwe.

Perkenalan saya dengan Cahkwe ketika itu berkenalan dengan seseorang di room Cirebon_berintan@nimbuzz.com hahay........................ akhirnya inget Nimbuzz juga. Sekilas dulu saya aktif di Nimbuzz salah satu aplikasi Chating yang saat itu terkenal se antero jagat raya, dari perkenalan itu ternyata dia penjual Cahkwe, aneh nama itu bagiku, kue model apa makanan dari mana dan lain sebagainya.

Cakwae atau You Tiao adalah salah satu panganan tradisional dari Tionghoa, konon katanya cakwae popular disaat zaman Dinasti Song, berawal dari matinya Jenderal Yue Fei yang terkenal akan nasionalismenya akibat fitnahan Perdana Menteri Mendengar kabar kematian Yue Fei, rakyat Tiongkok kemudian membuat 2 batang kecil dari adonan tepung beras yang melambangkan Qin Hui dan istrinya lalu digoreng untuk dimakan. Ini dilakukan sebagai simbolisasi kebencian rakyat atas Qin Hui. Begitu sejarah singkat dari Kue Cahkwe.

Abang Aryo hadi Koesoema adalah orang yang memperkenalkan nama cahkwe, saat itu saya masih ragu ini ko dimakan sambil di cocol sama saus, tapi ketika masuk ke mulut maknyos deh kue ini, rasanya nendang di lidah, tidak heran kalau lapaknya bang aryo ini setiap sore megitu rame dengan para pembeli.

Kue Cahkwe
Kue Cahkwe

Lapak Cahkwe ini berada di jalan klayan tepatnya sebelum belokan arah vila intan ya kurang dari 100 meter sesudah pertamina Klayan, itu letak strategis ketika saya pulang #Nglayab pasti mampir untuk oleh oleh di rumah, di karenakan ketika saya pulang pasti ngelewati lapak Bang Aryo, bukan hanya  Cahkwe masih ada kue yang lain yang dijajakan oleh bang Aryo ini, 

Kalau anda pecinta jaburan yang rada kenyang mampir sebentar di area Klayan di lapak bang aryo, walaupun tersedia berbagai macam Kue tapi menu andalan saya ketika mampir pasti Cahkwe yang sangat khas dengan di cocol sausnya.
(sumber : wikipedia)
5 Komentar untuk "Cahkwe kue asli Tionghoa Hadir di Cirebon"

Ternyata resep asli China to....
Makasih ya bagi infonya.

sama sama kaka heheh jangan lupa mampir lagi yahhh

wah, enak pisan iku, ndeleng gambare bae wis kpengen nyaplok, hehe :)

Thank u Sharing nya :)
btw kalo sekarang masih buka gak ya ?
buka jam berapa sampe jam berapa admin :) kebetulan lagi pengen makan cakue ...

Back To Top