Gedung Bunder Kebumen Lemahwunngkuk Cirebon

Gedung Bunder Lemahwunngkuk Cirebon
Gedung Bunder Lemahwunngkuk
Cirebon
Nglayab -  Gedung Bunder Kebumen Lemahwungkuk Cirebon Merupakan salah satu Bangunan peninggalan Belanda di wilayah Kota Cirebon, Bentuk bangunan ini sangat unik berukuran kecil berbentuk persegi enam simetris beratap seng yang mengerucut dengan sebuah pintu masuk yang sangat rendah disalah satu sudutnya, letak bangunan ini di lapangan atau Di Taman Kebumen Talang Kelurahan Lemahwungkuk Kota Cirebon.

Gedung Bunder Cirebon di bangun pada tahun 1920 konon ceritanya bangunan ini dipergunakan utnuk memantau laut kala itu memang arah memandang ke laut masih terbuka lebar. Gedung ini yang di bangun dibangun dia areal seluas 634 m² ini, berdasarkan Surat Keputusan Walikota Cirebon Nomor  19 Tahun 2001 ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya (BCB). Sebagai konsekuensinya, bangunan ini dilindungi juga oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya. Seharusnya, gedung ini harus steril dari berbagai coretan yang merusak pemandangan untuk gedung tersebut.

Gedung Bundar Cirebon yang bentuknya unik, namun sayang sekali juga telah dipenuhi dengan corat-coret tulisan, yang membuatnya seperti sebuah gedung tak bertuan.
Lubang pintu masuk ke dalam gedung yang tidak seberapa tinggi. Papan yang menempel pada dinding berbunyi “Koperasi Warga Pedagang Kaki Lima, MAJU BARENG”. Alamat yang tertera di sana adalah Jl. Merdeka No. 1, Cirebon, namun tampaknya bukan nama jalan dimana bangunan Gedung Bundar Cirebon ini berada.

Tidak ditemukan tulisan lain pada dinding atau di sekitar Gedung Bundar Cirebon yang menceritakan tentang sejarah pembuatan dan pemakaian Gedung Bundar Cirebon ini. Saya tidak berhasil pula menemukan informasi di web mengenai asal-usul Gedung Bundar Cirebon ini.
1 Komentar untuk "Gedung Bunder Kebumen Lemahwunngkuk Cirebon"

Back To Top