Ampo Cemilan dari tanah Liat Kemana kah sekarang



Sumber Photo : Tribun Manado
Waktu dulu jaman saya (Penulis) kecil sering sekali di suruh Kakek untuk beli ampo untuk cemilan Beliau (red), ntah kenapa akhir akhir ini keberadaan ampo makin hari makin langka, apakah karena penikmat ampo sudah tidak ada lagi atau ampo sudah tidak produksi lagi..

Apa sihh ampo itu ??



Ampo adalah sejenis makanan ringan atau cemilan yang terbuat dari tanah liat yang di bakar yang sebelumnya di sterilkan dahulu sebelum dibakar, makanan atau cemilan yang bernama Ampo sebenarnya bukan asli makanan khas Cirebon, cemilan yang satu ini sebenarnya berasal dari Tuban. Dan menurut orang tua ampo mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, konon katanya ampo dipercaya dapat menguatkan sistem pencernaan. Bahkan memakan tanah liat juga dipercaya sebagai obat yang dapat mengobati beberapa macam penyakit. Ampo sendiri berbahan dasar dari tanah liat! Mungkin sedikit terdengar aneh ditelinga, tapi ya begitu adanya. Lantas timbul pertanyaan bagaimana cara membuatnya dan apakah aman untuk dikonsumsi? Berikut penjelasan 

Cara Membuat Kuliner Ampo

Cara membuat Ampo sangat sederhana dan mudah. Namun, tanah yang digunakan sebagai bahan baku membuat ampo tidak bisa sembarangan, melainkan harus berjenis tanah liat yang bertekstur lembut dan bebas dari pasir, kerikil, atau batu.[10] (Sumber WIKIPEDIA)

Dari tanah yang sudah dikumpulkan, pembuat kemudian membentuk semacam adonan berbentuk kotak atau bentuk tertentu lainnya dengan menambahkan air secukupnya agar adonan tanah menjadi kalis dengan ciri tidak lengket di tangan. Untuk membuat adonan kotak tersebut, tanah ditambah air sedikit demi sedikit sambil sesekali ditumbuk dengan alat semacam palu besar dari kayu. Setelah adonan kotak siap, proses berikutnya adalah mengikis atau menyerut tanah di bagian atas adonan sedikit demi sedikit dengan menggunakan bilah pisau bambu. Hasil serutan tanah yang berbentuk seperti stik wafer dengan panjang 6-8 cm itu yang disebut ampo. Ampo kemudian dikumpulkan dan ditempatkan pada semacam periuk gerabah tanah liat untuk diasapi di atas tungku kayu bakar


Memang perlu disadari bersama, jenis makanan ringan yang merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang unik satu ini sudah sangat sulit sekali ditemui di warung - warung kecil. Perkembangan zaman dan teknologi sedikit - sedikit mulai menggerus keberadaannya. Sudah tanggung jawab kita sebagai putra daerah untuk melestarikannya. Bukan sekedar jajanan, tapi dalam Ampo tersebut menyimpan makna sejarah dan kearifan lokal. 
0 Komentar untuk "Ampo Cemilan dari tanah Liat Kemana kah sekarang"

Back To Top