Sekilas Kota Cirebon Zaman 1993




NglayabCirebon (30-11-2018)

Kota Cirebon merupakan salah satu kota yang ada di wilayah Indoensia yang setiap masa mengalami perubahan, baik perubahan dari segi bangunana ataupun dari segi suasana kota itu sendiri, kali ini tema NglayabCirebon mencoba menghadirkan salah satu Video koleksi dari Youtuber yang menceritakan perjalanan dari Tengah Tani Plered menju Pasar Kanoman Cirebon.

Berikut Video kisah perjalanan dari Tengah Tani sampai Pasar Kanoman pada era tahun 1993, di mulai dari sebuah gang yang menuju jalan IR Juanda Plered Tengah Tani, disitu digambarkan suasana yang masih sepi dari lalulalang kendaraan, baik roda dua ataupun roda empat, dengan suasana khas 93an yang masih di dominasi sepeda dengan becak yang masih lalu lalang dijalan raya.

Setelah melewati kedawung perjalanan ini dilanjutkan di area Tuparev dan sampai di perempatan Tuparev Cipto Wahidin dan Kartini ( Lampu merah Grage), sebelum memasuki perempatan tersebut kita melewati  jembatan yang fenomenal yaitu jembatan Tuparev  karena sekarang di jembatan tersebut terpasang tugu selamat datang Kota Cirebon. Dan disitu jelas ada sebuah gedung yang konon katanya dulu terdapat terminal gunung sari.

Setelah kita melewati Lampu merah Grage atau perempatan Tuparev Cipto Wahidin dan Kartini, kita di suguhkan jalur perempatan Kartini Veteran Siliwangi tepatnya di Tugu Proklamasi, dan dilanjut ke arah Siliwangi dan disebelah kanan jalan jelas terpampang Sanduk film dengan judul GODZILLA, yah itu adalah Pasar Pagi yang sekarang terkenal dengan PGC, kita lanjut sampai ke perempatan kali sukalili dan kalibaru.


Ini yang special menurut team Nglayab Cirebon, karena konon di depan tepatnya sebelum lampu merah Siliwangi Karanggetas Bahagia dan Pagongan terdapat papan reklame dengan bertuliskan YOGYA, pantas saja sebagian masyarakat bilang kalao YOGYA Karakgetas adalah YOGYA lama dan kalo YOGYA di Siliwangi itu YOGYA baru. jadi dari 1993 pun YOGYA Karanggetas sudah ada. 

Di jalan Karanggetas ternyata dari dulu sampai sekarng masih tidak begitu berubah total, dengan sepanjang pinggir jalan terdapat took emas yang berjualan di area situ, dibuktikan dengan ada papan reklame dengan tulisan MUSTIKA, yah kita kenal toko MUSTIKA Merupakan toko emas yang terdapat di Karanggetas.


Sampailah kita di perempatan Karanggetas Pasuketan Pekiringan dan Winaon(Pasar Kanoman). Di video tersebut di ceritakan perjalannya sampai sekitaran pasar kanoman Cirebon. Begitu perjalana singkat rekaman Video Kota Cirebon pada massa Tahun 1993, lengkapnya silahkan kalian bisa lihat videonya di bawah ini…..


Sumber dari Chanel Youtube Sendadiprana Amar Semoga bermanfaat untuk warga Kota Cirebon yang kangen Cirebon Tempo dulu.
5 Komentar untuk "Sekilas Kota Cirebon Zaman 1993"

Nemu aja video jadul seperti ini.

Kangen suasana cirebon dulu,ga semrawut kaya sekarang...cirebon love u

love u Cirebon, jauh Dimata dekat di hati, nuhun admin, top Deh

Back To Top